Sabtu, 25 Januari 2014

Bagaimana Cara Memilih Laptop yang Akan Dibeli?

Untuk era yang modern ini, sepertinya mustahil jika agan semua tidak kenal laptop. PC portable yang dapat dibawa kemana-mana akan membuat urusan anda lebih mudah. Sekarang, bukan hanya para pebisnis yang membutuhkan laptop tetapi pelajar pun membutuhkannya. Sudah banyak laptop yang dijual dengan harga miring saat ini, dari ukuran kecil hingga besar, layar sentuh (touchscreen) atau tidak. Lalu bagaimana cara memilih laptop yang akan dibeli? Mari simak pengalaman ane beli laptop baru.

A = Ane
M = Mas perjual

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
M: Silakan! Mau cari apa dek?
A: Laptop mas.
M: (nyodorin daftar merek laptop, spesifikasi, dan harga) silakan dipilih-pilih dulu dek.
A: iya mas.

Dari banyak merek laptop yang ane amati, akhirnya tinggal 3 merek yang musti ditimbang-timbang. Dalam kasus ini ane beli buat keperluan sekolah, tipe notebook 14", RAM gede, support game gede, and program terbaru. Akhirnya setelah nimbang-nimbang lama, pilihan ane jatuh di Samsung Ativ Book 2 Core i3.
Berikut tanya-tanya ane bersama mas penjual

A: Barang ada mas?
M: Ada dek. Tapi masih di gudang. Kalo adek jadi ambil, ntar diambilin.
A: Ok. Btw windows berapa?
M: windows 8 original. windowsnya sendiri kalau beli Rp 1 jt-an dek. nanti sekalian direcorey in. biar kalau kena virus windowsnya bisa install lagi.
A: (buset original) jadi yang mahal windowsnya nih mas hehe... Officenya 2010?
M: iya dek office 2010.
A: Batre awet ngga mas?
M: buat apa dulu nih dek. kalau cuma buat ngetik+muter lagu bisa sampe 4 jam.
A: kalau buat game?
M: game jenis apa dek.
A: Most Wanted berapa jam?
M: 3 jam an kuat dek. Batrenya yang terbaru. 8 cell biasanya kan 6 cell, nah ini yang lebih baru lagi.
A: RAM nya berapa giga mas?
M: RAM nya udah bawaannya gede dek. 4gb.
A: Bisa buat nge PES nggak mas? nge lag ngga?
M: Kalau buat main PES mending jangan. meski RAM gede tapi nanti kasian laptopnya dek. mending beli yang AMD kalau buat game PS. tapi ya resikonya kalau buat ngerjakan tugas agak lemot.
A: oooh iya mas. kalau buat program-program terbaru sudah support?
M: sudah dek. kerjanya juga ga bakal nge lag
A: Yaudah deh mas. Bungkus aja. Ane beli laptop ini.
M: Nunggu dulu ya dek sekitar 3 jam an. buat recovery systemnya.
A: ehm... ya deh mas. nanti ane balik lagi ke sini.

Ketika sampai. ane langsung buka PC ane yang baru. Loadnya cepet, grafiknya bagus, tapi sayang kadang ada program lawas bagus yang gak bisa terinstall di PC ane. menurut ane, kecanggihan laptopnya. buat game No Lag. ane bahagia deh.
oke agan-agan, buat ente-ente yang mau beli laptop lebih baik hati-hati dan teliti membeli. tanya-tanya dulu gunanya untuk apa. kan sayang nanti udah kebeli malah gak sesuai keinginan. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Admin telah menghapus verifikasi kata. Gunakan kotak komentar ini untuk hal-hal yang berguna. Tulis komentar dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung unsur SARA. Terimakasih